PENGARUH EKSTRAK DAUN NANGKA KUNING TERHADAP KADAR SGPT DAN SGOT HATI MENCIT YANG DIINDUKSI PARACETAMOL SEBAGAI SUMBER BELAJAR (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVIS DI SMAN BINGIN TELUK

Desbi Sinta, Barbara and Agus, Sundaryono and Saleh, Haji (2012) PENGARUH EKSTRAK DAUN NANGKA KUNING TERHADAP KADAR SGPT DAN SGOT HATI MENCIT YANG DIINDUKSI PARACETAMOL SEBAGAI SUMBER BELAJAR (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVIS DI SMAN BINGIN TELUK. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TESIS BARBARA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun nangka kuning terhadap kadar SGPT dan SGOT hati mencit yang diinduksi paracetamol dan menemukan bentuk LKS berbasis konstruktivis yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar serta mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS berbasis konstruktivis dengan yang tidak menggunakan LKS berbasis konstruktivis di SMAN Bingin Teluk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua tahapan yaitu tahapan pertama dimulai dengan penelitian pengaruh ekstrak daun nangka kuning terhadap kadar SGPT dan SGOT hati mencit yang diinduksi dengan paracetamol dengan menggunakan tiga dosis yaitu dosis 55 mg/kg bb, 110 mg/kg bb dan 220 mg/kg bb dalam tiga lama perlakuan yaitu 7 hari, 14 hari dan 21 hari. Mencit yang digunakan sebanyak 30 ekor dan pada akhir lama perlakuan, mencit diambil darahnya untuk dihitung kadar SGPT dan SGOTnya. Dari hasil penelitian diperoleh data ekstrak daun nangka kuning yang dapat menurunkan kadar SGPT hati mencit adalah dosis 220 mg/kg bb dengan lama perlakuan 21 hari yaitu 89.94 U/I dan kadar SGOT hati mencit yaitu 135.03 U/I. Dari hasil penelitian tahap pertama dilanjutkan dengan pembelajaran dalam bentuk sumber belajar siswa (LKS) berbasis konstruktivis di SMAN Bingin Teluk. Pembelajaran diberikan pada kelompok eksperimen yang menggunakan LKS berbasis konstruktivis dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan LKS berbsais konstruktivis. Berdasarkan uji t didapat harga t hitung 3.78 dan pada taraf beda nyata 0.05 didapat harga tabel 1.67 dengan derajat kebebasan 55, dengan demikian t hitung> ttabel dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa sumber belajar siswa(LKS) berbasis konstuktivis yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN Bingin Teluk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:34
Last Modified: 17 Dec 2013 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4779

Actions (login required)

View Item View Item