MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ANAK MELALUI NYANYIAN DAN GERAK DI KELOMPOK BI TK KARTIKA II-18 KOTA MANNA

Weti Gustina, Weti Gustina and Norman, Syam and Agus , Joko Purwadi (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ANAK MELALUI NYANYIAN DAN GERAK DI KELOMPOK BI TK KARTIKA II-18 KOTA MANNA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-wet-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (601kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-wet-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak malas menulis dan mencaricari alasan agar tidak belajar menulis, anak merasa takut untuk belajar menulis dan kurang termotivasi untuk belajar menulis, anak merasa bosan jika diajarkan menulis. Tujuan umum penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis pada anak melalui nyanyian dan gerak di kelompok B TK Kartika II‐18 Kota Manna, tujuan khusus penelitian yaitu : meningkatkan keterampilan menulis angka pada anak melalui nyanyian dan gerak lagu dua mata saya, meningkatkan keterampilan menulis kata pada anak melalui nyanyian dan gerak lagu abcdef, keterampilan menulis kalimat sesuai syair lagu topi saya bundar. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Keterampilan anak menulis angka melalui nyanyian dan gerak dengan lagu Dua Mata Saya belum meningkat, ini dibuktikan denga keterampilan anak menulis angka dari 1‐10, menulis angka di bawah gambar panca indra dan menulis angka melalui arisan angka baru mencapai 68,76%. Keterampilan anak menulis kata melalui nyanyian dan gerak lagu ABCDEF sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keterampilan anak menulis kata dengan pangkal huruf S, menulis kata di bawah gambar peralatan sekolah, menulis kata sesuai tema melalui bermain dadu, sudah mencapai 77%. Keterampilan anak menulis kalimat sesuai syair lagu Topi Saya Bundar sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keterampilan anak menulis syair lagu topi saya bundar, menulis kata di bawah gambar pakaian dan menulis kata sesuai tema pakaian melalui bermain arisan kata sudah mencapai 83,3%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa:Keterampilan menulis pada anak dapat ditingkatkan melalui nyanyian dan gerak di kelompok B TK Kartika II‐18 Kota manna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:45
Last Modified: 17 Dec 2013 14:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4783

Actions (login required)

View Item View Item