MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP WARNA PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DI KELOMPOK B TK AL – MUKHLISIN KECAMATAN LEBONG UTARA KABUPATEN LEBONG

Ningsih, Winda Silfia and Puspa , Djuwita and Sri , Saparahayuningsih (2013) MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP WARNA PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DI KELOMPOK B TK AL – MUKHLISIN KECAMATAN LEBONG UTARA KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-win-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (348kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-win-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep warna melalui penggunaan metode discovery. Untuk anak usia Taman Kanak-kanak dengan melakukan percobaan pencampuran warna. Permasalahan yang ada: kurangnya pemahaman terhadap konsep warna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong ajaran 2012-2013 berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik observasi dan tanya jawab. Lembar observasi anak digunakan untuk mengetahui peningkatan aktifitas anak maupun aktifitas guru di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep warna untuk anak usia Taman Kanak-kanak. Hal ini dapat terlihat dari keberhasilan anak pada siklus l sebanyak 45% meningkat sebanyak 50% pada siklus ke ll menjadi 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:49
Last Modified: 17 Dec 2013 14:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item