MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENABUNG KATA DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK MELATI BENGKULU TENGAH

Yesi Febrina, Yesi Febrina and Yulidesni, Yulidesni and Delrefi, Delrefi (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENABUNG KATA DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK MELATI BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-yes-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-yes-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa : anak malas menulis seperti yang diajarkan guru. Anak sering mencari-cari alasan agar tidak belajar menulis. Anak merasa takut untuk belajar menulis dan kurang termotivasi untuk belajar menulis. Anak merasa bosan jika diajarkan menulis. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan keterampilan menulis kata sesuai contoh, melalui permainan menabung kata di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Melati Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pada siklus 1, keterampilan anak menulis kata sesuai contoh belum meningkat, ini di buktikan dengan anak belum mampu menulis 4 sampai 6, bentuk tulisan anak juga belum rapi dan bersih, kata yang ditulis anak masih ada yang belum bisa dibaca. Pada siklus II, keterampilan anak menulis kata yang disebutkan guru meningkat, ini dibuktikan dengan anak sudah mampu menulis 4 sampai 10, bentuk tulisan juga sudah rapi dan bersih, kata yang ditulis anak sudah bisa dibaca. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa: penerapan bermain dengan menabung kata dapat meningkatkan keterampilan menulis pada anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Melati Kabupaten Bengkulu Tengah. Maka peneliti menyarankan guru sebaiknya dapat lebih kreatif lagi agar anak lebih tertarik dalam belajar terkhususnya dalam keterampilan menulis dengan permainan-permainan yang menarik untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 15:06
Last Modified: 17 Dec 2013 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item