Fajari, Iwan and Aceng, Ruyani and Budianto, Gusnadi and Lutfi, Firdaus (2012) KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BRIKET ARANG CAMPURAN SEKAM PADI DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN LKS KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
TESIS IWAN FAJARI A2L010026.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian bertujuan untuk (1) membandingkan karakteristik pembakaran briket arang campuran sekam padi dan serbuk kayu pada berbagai variasi komposisi, (2) membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran dengan LKS berbasis keterampilan proses dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran dengan LKS berbasis keterampilan proses dan (3) mengetahui model pembelajaran dengan LKS berbasis keterampilan proses yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sekam padi dan serbuk kayu diarangkan dan dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan 10% massa tapioka sebagai perekat. Campuran arang dan perekat selanjutnya diambil 50 gram untuk dicetak sebagai briket. Variasi campuran arang sekam dan arang serbuk kayu dibagi menjadi 4 variasi yaitu variasi (K1), (K2), (K3), (K4). Perbandingan variasi arang sekam : arang serbuk kayu untuk K1 = 80%: 20 %, K2 = 60%: 40 %, K3 = 40% : 60 % dan K4 = 20%: 80 % . dari keempat variasi komposisi selanjutnya di uji karakteristik pembakarannya dengan proses water boiling test, untuk mengetahui kecepatan pembakaran, massa briket yang terpakai, konsumsi spesifik briket, waktu mendidihkan air, total kalor terpakai, dan efisiensi kalor briket. dari hasil penelitian, diperoleh hasil kecepatan pembakaran briket (14,05 g/men ~ 19,02 g/men), massa briket terpakai (183 gram ~ 211 gram), konsumsi spesifik (0,205 ~ 0,233), waktu mendidihkan air ( 10,55 men ~13,06 men) , total kalor terpakai ( 1.022 kkal ~ 1.058 kkal), efisiensi kalor (11,75% ~ 12,69 %) . pada uji statistik anava disimpulkan bahwa total kalor terpakai dan efisiensi kalor briket berbeda tidak nyata, tetapi memberikan hasil berbeda nyata terhadap kecepatan pembakaran briket, briket terpakai, waktu mendidihkan air, dan konsumsi spesifik briket. Data pos tes hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang di uji statistik dengan Uji Mann whitney di peroleh data Uhitung = 58 dan Utabel = 72. Berdasarkan data Uhitung < Utabel , dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunakan model pembelajaran dengan LKS berbasis keterampilan proses terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 3 Lubuklingau . Model pembelajaran yang efektif menggunakan LKS berbasis keterampilan proses adalah dengan menyertakan sebuah kegiatan aktif belajar sains bagi siswa seperti melakukan pengamatan, merangkai alat percobaan, melakukan percobaan, menggoranisasikan data, merumuskan jawaban, menyimpulkan hasil dan mengkomunikasikan hasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 15:06 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 15:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4793 |
Actions (login required)
View Item |