PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI I CURUP KOTA

Edison, Edison and Wachidi, Wachidi and Suhirman, Suhirman (2012) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI I CURUP KOTA. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA Negeri I Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong. Simpulan dalam penelitian ini adalah : Pertama, perencanaan untuk mata pelajaran TIK dimulai dari standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Bentuk administrasi pembelajarannya adalah program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua, proses pembelajaran dimulai dengan apersepsi, mengaktipkan sarana multimedia, mengabsen siswa, membuka tampilan program flasdisk dan cd, menyampaikan materi, mengadakan tanya jawab dan menyimpulkan materi pembelajaran.Ketiga, dalam melaksanakan evaluasi mata pelajaran TIK lebih dahulu merumuskan tujuan-tujuan evaluasi, aspek-aspek yang dievaluasi adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik tes dan non tes dan praktek. Sebelum menyusun instrumen dilakukan dengan beberapa langkah, seperti penetapan tujuan penilaian, merumuskan indikator yang hendak dicapai, menyusun kisi-kisi soal barulah kemudian disusun instrumennya. Penentuan standar dan tolak ukur penilaian disesuaikan dengan tingkat kesukaran soal. Berdasarkan simpulan di atas, dalam penelitian ini penulis dapat menyampaikan saran : Pertama, kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan- pelatihan atau mengajukan permohonan guru yang benar-benar berlatar belakang dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kedua, bagi guru komputer agar dapat lebih meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga kompetensi para siswa dalam penguasaan multimedia akan lebih meningkat pula. Ketiga, bagi para siswa agar dapat mengikuti pembelajaran komputer dengan multimedia secara sungguh-sungguh, disiplin memiliki motivasi yang tinggi dan membudayakan belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Unspecified > Journal
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 15:25
Last Modified: 17 Dec 2013 15:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item