Ferdian, Jelly and A.Muluk , Alains (2008) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO ELEKTRONIK JIMY MUSIK BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
I,II,III-JEL-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text
IV,V-JEL-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Elektronik Jimmy Musik Bengkulu”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan maksud untuk menemukan dan menggambarkan strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh toko elektronik Jimmy Musik, sesuai dengan kekuatan dan kelemahasn yang dimiliki secara internal serta peluang dan ancaman yang ada secara eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan ancaman yang ada. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan alat analisis SWOT. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa toko elektronik Jimmy Musik menerapkan strategi pemasaran yang berkaitan dengan bauran pemasaran, dengan variabel-variabel yang terkait di dalamnya yaitu : produk yang meliptui variasi, pelayanan, harga diantaranya penerapan harga yang sama dengan pesaing dan pemberian potongan harga. Promosi yang dilakukan meliputi pemasangan iklan di media cetak, serta distribusi secara langsung. Hasil analisis SWOT terhadap marketing mix yang diterapkan, diketahui beberapa kekuatan dan kelemahan yang ada. Disamping kekuatan dan kelemahan tersebut, ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan toko elektronik Jimmy Musik dengan lebih baik dan ancaman-ancaman yang harus dihadapi agar dapat diminimalisasikan. Berdasarkan hasil data diperoleh hasil bahwa : 1) kekuatan toko elektronik Jimmy Musik Bengkulu terletak pada pemberian potongan harga untuk pembelian tertentu, penetapan harga sesuai dengan kualitas, lokasi yang mudah dijangkau. 2) Kelemahan terletak pada kurangnya promosi melalui media cetak, dan luas ruangan yang terbatas. 3) Peluang yang dimiliki adalah dari tingkat ekonomi masyarakat Bengkulu yang beragam sehingga bagi toko elektronik Jimmy Musik Bengkulu dapat menawarkan produk yang beragam pula sesuai dengan tingkat daya beli masyarakat. 4) Ancaman bagi toko elektronik Jimmy Musik adalah pesaing yang menjual produk sejenis. Dengan mengetahui posisi toko elektroniki Jimmy Musik tersebut dapat disusun suatu pedoman untuk menentukan arah yang ingin dicapai dalam sasaran pengusahaan yang akan datang, melalui : 1) Promosi lebih ditingkatkan guna lebih mengenalkan produk yang ditawarkan serta menarik konsumen untuk melakukan pembelian guna meningkatkan volume penjualan, membuat daftar harga untuk masing-masing produk. 2) Memperluas kegiatan promosi melalui media elektronik (TV dan radio) maupun lewat kegiatan personal selling. 1) Mahasiswa Jurusan Manajemen
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | Miss Novita Veronika Barus |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 17:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 17:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4829 |
Actions (login required)
View Item |