HUBUNGAN PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING DENGAN KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH (BAZDA) PROVINSI BENGKULU

Junaidi, Junaidi and Seprianti, Eka Putri (2008) HUBUNGAN PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING DENGAN KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH (BAZDA) PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
IV,V-JUN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (790kB)
[img] Text
I,II,III-JUN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan ibadah ijtima’iyah yang memiliki peran strategis dalam kehidupan sosial ekonomi umat Islam. Menunaikan zakat, selain sebagai implementasi keimanan seorang muslim kepada Allah terhadap sesamanya yang nasibnya kurang beruntung, juga sekaligus sebagai ibadah. Dalam realitas kehidupan, ada orang hidupnya berkecukupan bahkan berkelebihan, sementara di sisi yang lain tidak sedikit orang yang hidupnya selalu kekurangan. Dalam ibadah zakat, tersedia ruang bagi orang yang kaya untuk menafkahkan sebahagian rizkinya guna membantu orang-orang yang kurang beruntung dan serba kekurangan untuk bangkit dari kemiskinan menuju kehidupan yang layak. Dengan demikian diharapkan konsepsi zakat dapat menjadi alternatif sebagai solusi mengatasi ketimpangan sosial dan merupakan bentuk partisipasi orang yang wajib zakat (Muzakki) untuk meminimalkan jurang kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan periklanan dan personal selling dengan Keputusan Muzakki dalam membayar zakat pada BAZDA Bengkulu Provinsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Badan Amil Zakat Daerah Provinsi Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen (Muzakki) yang membayar zakat pada BAZDA Provinsi Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling, yang dilakukan selama 1 (satu) bulan dan diperoleh sampel sebanyak 50 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : 1) Pelaksanaan promosi dengan media periklanan yang dilakukan oleh BAZDA Provinsi Bengkulu masih belum efektif; 2) Pelaksanaan promosi dengan media personal selling yang dilakukan oleh BAZDA Provinsi Bengkulu masih belum efektif; dan 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara periklanan dan personal selling dengan keputusan muzakki membayar zakat pada Badan Amil Zakat Daerah Provinsi Bengkulu. Berdasarkan kesimpulan hasil penlelitian, maka disarankan pada pihak Badan Amil Zakat Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kegiatan periklanan baik di media cetak maupun elektronik serta kegiatan personal selling, agar meningkatkan minat muzakki membayar zakat yang pada gilirannya akan meningkatkan penerimaan zakat pada Badan Amil Zakat Daerah Provinsi Bengkulu pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 17 Dec 2013 17:45
Last Modified: 17 Dec 2013 17:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4831

Actions (login required)

View Item View Item