Akbar, Langka D and Trisna, Murni (2008) ANALISIS SIX SIGMA PADA KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT RAFFLESSIA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
I,II,III-LAN-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (858kB) |
|
Text
IV,V-;AN-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (895kB) |
Abstract
Rumah sakit Rafflesia Bengkulu merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang jasa kesehatan. Pada saat ini layanan kesehatan sudahlah sangat diperhatikan oleh setiap pengguna jasa. Sehingga pihak rumah sakit Rafflesia Bengkulu perlu mengetahui kinerja pelayanan beserta tindakan perbaikan dalam rangka meningkatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan berdasarkan analisis six sigma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui penilaian pelayanan kesehatan di RS Rafflesia Bengkulu berdasarkan data dan fakta yang ada. Dalam penelitian ini dilakukan penilaian kualitas pelayanan pada sudut pandang pengguna jasa layanan kesehatan rawat inap VIP RS Rafflesia Bengkulu. Kinerja pelayanan diukur dari persepsi pengguna jasa layanan kesehatan mengenai layanan yang telah mereka terima, sedangkan harapan diukur dari penilaian pengguna jasa tentang spesifikasi suatu pelayanan kesehatan rawat inap. Analisis yang dilakukan berdasarkan tahapan dalam six sigma, yaitu tahap define, measure, analyze, improve and control (DMAIC). Tingkat kualitas jasa diukur berdasarkan kapabilitas pelayanan dalam tingkat sigma dari 85 orang responden yang diambil secara accidental sampling, dengan mempergunakan model pengukuran 30 indikator service quality (SERVQUAL). Kapabilitas pelayanan diperoleh dari perbandingan antara penilaian kinerja pelayanan dengan harapan pengguna jasa rawat inap RS Rafflesia Bengkulu. Dari hasil penelitian, mayoritas tingkatan sigma pada kapabilitas pelayanan rawat inap RS Rafflesia Bengkulu berada pada tingkat 2 sigma, Hal ini mengindikasikan Rumah Sakit Rafflesia masih memiliki kekurangan dalam memberikan harapan konsumen pada pelayanan rawat inap. Untuk mencapai target 6 sigma dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan usaha perbaikan terus menerus pada kualitas pelayanan R.S Raflessia. Serta dari 13 indikator kualitas pelayanan rawat inap sebagai batas toleransi terendah pada RS Rafflesia Bengkulu, termasuk juga 5 kendala utama yang dihadapi pihak RS Rafflesia dalam tindakan perbaikan pelayanan rawat inap pada tahun 2008 yaitu: kerapian dan keteraturan kegiatan administrasi, ketersediaan obat-obatan di apotek rumah sakit, kelengkapan peralatan medis dalam tindakan medik, dan kemudahan dalam akses pelayanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | Miss Novita Veronika Barus |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 17:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 17:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4834 |
Actions (login required)
View Item |