DESKRIPSI LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BENGKULU

Mariska, Lendy and Nasution, Nasution (2008) DESKRIPSI LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-LEN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (119kB)
[img] Text
IV,V-LEN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (207kB)

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu dengan kegiatan pokoknya adalah memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat, terutama dalam mjasa pengiriman, baik dalam bentuk barang maupun uang, selain itu PT PosIndonesia (Persero) Cabang Bengkulu juga menyediakan layanan lain berupa : jasa pengiriman surat, penjualan benda – benda pos, jasa pengiriman wesel. tetapi, dengan semakin majunya zaman dan perkembangan teknologi, banyak bermunculan perusahaan yang menjalankan jasa pengiriman barang, untuk nghadapi persaingan dari perusahaan baru tersebut maka PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu melakukan penambahan pelayanan yaitu antara lain dengan melayani pembayaran tagihan kartu Halo Telkomsel, penjualan kartu perdana Simpati dan kartu perdana As, tabungan. Pelayanan yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu akan berjalan dengan madan dapat memuaskan pengguna jasa tersebut apabila pelayanan yang dilakukan oleh karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu berjalan dengan cepat dan tepat, tetapi berdasarkan hasil pengamatan penulis masih sering terjadi keterlambatan dalam pengiriman surat atau barang. Keterlambatan tersebut nunjukkan bahwa hasil kerja karyawan belum dicapai secara optimal, yang dapat disebabkan oleh lingkungan kerja yang masih kurang baik dan kepuasan kerja yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu mengenai lingkungan kerja dan kepuasan kerja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner sedangkan data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif sederhana yaitu dengan metode rata-rata (mean) dan tabel distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa persepsi karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu mengenai lingkungan kerja yang liputi fasilitas kerja, kondisi penerangan dan kondisi udara, penempatan alatalat kerja, hubungan kerja antar karyawan, hubungan kerja karyawan dengan atasan berdasarkan hasil rata–rata jawaban responden adalah baik yaitu sebesar 3,98. Sedangkan persepsi karyawan mengenai kepuasan kerja yang mepenghasilan, perasaan senang terhadap pekerjaan, kesempatan promosi, bimbingan dan perhatian dari pimpinan, sikap bersahabat dan mendorong dari rekan kerja berdasarkan hasil rata–rata jawaban responden adalah puas yaitu sebesar 3,99.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 17 Dec 2013 17:52
Last Modified: 17 Dec 2013 17:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item