PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VB SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Arianto, Arianto and Ansyori , Gunawan and Sri , Dadi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VB SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-ari.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-ari.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray. Dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Meningkatkan aktivitas pembelajaran Matematika, (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata skor 40,25 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru 51 dengan kriteria baik; (b) aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa 42 dengan kriteria cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa 51,75 dengan kriteria baik. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa, (a) Kognitif: Nilai Tes siklus I sebesar 63,6% dengan nilai rata-rata 6,79. Pada siklus II meningkat menjadi 87,8% dengan nilai rata-rata menjadi 8,06; (b) Penilaian afektif pada siklus I,23 siswa dari 33 siswa mendapat kriteria baik dan siklus II, 30 siswa dari 33 siswa mendapat kriteria baik; (c) Penilaian psikomotor siklus I, 7 siswa dari 33 siswa mendapat kriteria baik dan siklus II, 29 siswa dari 33 siswa mendapat kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika siswa kelas VB SD Negeri 24 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 03:00
Last Modified: 18 Dec 2013 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4859

Actions (login required)

View Item View Item