ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU

Mulyana, Dadang and Ansyori , Gunawan and Daimun , Hambali (2013) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-dad.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (507kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-dad.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 59 Kota Bengkulu ditinjau dari aspek memahami soal, membuat model matematika, melakukan perhitungan dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertolak dari banyaknya anggapan bahwa matematika terutama materi yang berhubungan dengan soal cerita matematika adalah sulit. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 59 Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Bukit Barisan, Karabela,Kelurahan Kebun Tebeng, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. Subyek penelitian yang merupakan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kela VA dan kelas VB. Kelas VA berjumlah 27 orang yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan,sedangkan kelas VB berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa permpuan. Jadi, jumlah populasi penelitian adalah sebanyak 55 siswa yang terdiri atas 29 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yang berhubungan dengan soal cerita yang telah dikerjakan siswa. Hasil penelitian dari analisis data, terdapat banyak kesalahan yang terjadi pada tiap aspek yaitu: Pertama pada aspek memahami soal terdapat 102 kesalahan (35,7%) dari total maksimum kemungkinan kesalahan yang dapat terjadi yaitu 385 kesalahan yang meliputi 97 kesalahan (25,2%) pada tahap menuliskan hal yang diketahui dan 102 kesalahan (35,7%) pada tahap menuliskan hal yang ditanyakan; Kedua kesalahan pada aspek membuat model matematika yang terjadi kesalahan sebanyak 212 kesalahan (55,1%); Ketiga kesalahan dalam melakukan perhitungan terjadi sebanyak 248 kesalahan (64,4%)yang meliputi 186 kesalahan (48,4%) dalam menyelesaikan model matematika dan 229 kesalahan (59,5%) dalam memperoleh hasi perhitungan; Keempat adalah pada aspek kesalahan dalam menarik kesimpulan yang terjadi sebanyak 128 kesalahan (32,2%). Dengan demikian, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan pada aspek melakukan perhitungan yakni sebanyak 248 kesalahan (64,4%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 04:20
Last Modified: 18 Dec 2013 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item View Item