MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Fernandes, Deki, Fernandes, Deki and Osa, Juarsa and Herman , Lusa (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 27 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-dek.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-dek.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran PKn, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas 5A SDN 27 Kota Bengkulu melalui penerapan pendekatan Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perecanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A SDN 27 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar dengan analisis data menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Langkah-langkah penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran PKn yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah: (1) Tahap persiapan (membangkitkan/menggugah minat siswa); (2) Tahap penyampaian (membantu siswa menemukan materi pembelajaran); (3) Tahap pelatihan (membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan atau keterampilan); (4) Tahap Penampilan Hasil (membantu siswa menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan). Selanjutnya, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi siswa sebesar 41,25 dengan kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata 72,57 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,69%. Pada sikus II rata-rata skor observasi siswa sebesar 53,5 dengan kategori baik sedangkan nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar klasikal 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran PKn dan hasil belajar siswa kelas 5A SDN 27 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru PKn untuk menerapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran PKn, Dalam penerapan pendekatan SAVI sebaiknya guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi dengan melihat kegiatan diskusi ke dalam kelompok-kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Faculty of Education > Department of Physic Education
Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Faculty of Education > Journal
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 05:09
Last Modified: 18 Dec 2013 05:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4864

Actions (login required)

View Item View Item