PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI MATERI AJAR CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA

Septirawati, Dini. and Wurjinem, Wurjinem and Sri Irawati, Sri Irawati (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI MATERI AJAR CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-din.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-din.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas Vb SDN 38 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) melalui materi ajar cerita anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Vb SDN 38 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh adalah: (1) siklus I diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 35 dengan kategori cukup, aktivitas siswa sebesar 34,25 dengan kategori cukup. Hasil kognitif siswa sebesar 61,74 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 18,18%, nilai afektif siswa sebesar 9,96 dan hanya 6 siswa yang dinyatakan tuntas, psikomotor siswa sebesar 6,29 dan hanya 13 siswa yang dinyatakan tuntas. (2) siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 45 dengan kategori baik, aktivitas siswa sebesar 44 dengan kategori baik. Hasil kognitif siswa sebesar 78,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,35%, afektif siswa sebesar 13,95 dan sudah 28 siswa yang dinyatakan tuntas, nilai psikomotor siswa sebesar 8,54 dan seluruh siswa sudah dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) melalui materi ajar cerita anak dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas Vb SDN 38 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 11:02
Last Modified: 18 Dec 2013 11:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4883

Actions (login required)

View Item View Item