STUDI DESKRIPTIF PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS VB SD NEGERI 01 RSBI KOTA BENGKULU

Putri, Dwi Aprianti and Pudji , Hartuti and Rita , Sinthia (2013) STUDI DESKRIPTIF PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS VB SD NEGERI 01 RSBI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-dwi.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-dwi.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter disiplin melalui pembiasaan sikap sopan santun siswa kelas VB SD Negeri 01 RSBI Kota Bengkulu. Dengan subjek penelitian guru yang mengajar di kelas VB dan siswa kelas VB berjumlah 25 siswa, laki-laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data dengan menggunakan teori Bogdan dan Bicklen. Dari analisis data menunjukkan bahwa pola pembentukan karakter disiplin melalui pembiasaan sikap sopan santun siswa yang dilakukan oleh guru kelas VB SD Negeri 01 RSBI Kota Bengkulu yaitu, guru menerapkan sanksi berjenjang berupa: sanksi berupa teguran atau peringatan, berdiri di depan kelas sambil membaca, membersihkan halaman sekolah, membersihkan wc dan kamar mandi, sanksi fisik jongkok bangun di depan kelas dengan hitungan sendiri, berlari di halaman sekolah, pemanggilan siswa oleh kepala sekolah, dan pemanggilan orang tua siswa. Guru akan menentukan sanksi kepada siswa yang melanggar disiplin di sekolah sesuai dengan tingkat ketidak disiplinan siswa. Guru juga memberikan motivasi dan apresiasi bagi anak yang tidak melanggar, dengan tujuan bagi anak yang melanggar agar termotivasi untuk mencontoh temannya yang tidak melanggar ketentuan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 11:09
Last Modified: 18 Dec 2013 11:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4884

Actions (login required)

View Item View Item