Vianis, Frat Wenti Okta and Sri , Ken Kustianti and Anni , Suprapti (2013) PENERAPAN KOLOBORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-fra.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-fra.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VD Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu dengan cara penerapan kolaborasi model pembelajaran problem basaed learning dengan take and give. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VD SD Negeri 74 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi , angket dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria dan angket data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Adanya peningkatan aktivitas belajar,motivasi, dan hasil belajar karena prosedur pembelajaran yang menerapkan kolaborasi model pembelajaran problem basaed learning dengan take and give terstruktuktur dengan mengikuiti langkah – langkah: (1) langkah persiapan, Langkah persiapan ini untuk pertemuan 1 dan 2 diawali dengan guru mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar. Selanjutnya guru memberikan apersepsi kepada siswa. (2) langkah penyampaian, pada langkah penyampaian ini guru mengorganisasikan materi pelajaran dan membagi siswa ke dalam 5 (lima) kelompok. (3) Langkah pelatihan, Pada langkah pelatihan ini guru membantu siswa dalam merencanakan dan mempresentasikan hasil pemecahan masalah dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya. Sehingga Pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi guru sebesar 20 dengan kategori cukup dan nilai lembar observasi siswa sebesar 20,5 kategori cukup, dan motivasi 72,13% dengan kategori baik, sedangkan dari 25 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 60,0%, mendapat nilai rata-rata sebesar 66,80, (2) pada siklus II diperoleh nilai lembar observasi guru sebesar 20,5 dengan kategori baik dan nilai lembar observasi siswa sebesar 27 dengan kategori baik, dan motivasi 78,68% sedangkan dari 25 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 92% dengan nilai rata-rata 78,80,. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Basaed Learning Dengan Take and Give dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 11:49 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 11:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4887 |
Actions (login required)
View Item |