PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA

Haiturahati, Haiturahati and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-hai.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (530kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-hai.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan tes.Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran.sedangkan tes hasil belajar dianalisi menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : 1). Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 dari 2 orang pengamat dperoleh skor rata-rata 28,5 kategori baik, meningkat pada siklus ke 2 menjadi skor rata-rata 30 dengan kategori baik. 2). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 27 dalam kategori cukup meningkat pada siklus ke 2 menjadi 31,5 dalam kategori baik. 3). Hasil tes belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus 1 63,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 35,7 % meningkat pada siklus 2 menjadi rata-rata nilai 78,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,7 % kesimmpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatka aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:03
Last Modified: 18 Dec 2013 12:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item