OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KIMIA SEKOLAH II MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Elvinawati , Elvinawati (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KIMIA SEKOLAH II MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). EXACTA, 10 (1). pp. 17-23. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
03. Isi vol x 2012 - Elvinawati 017-023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran Kimia Sekolah II di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNIB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendididkan kimia yang mengambil mata kuliah Kimia Sekolah II pada tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I berada dalam kategori cukup, serta mencapai kategori baik pada siklus II dan III. Sedangkan daya serap pada siklus I, II dan III adalah 65,81%, 72,77% dan 81,17% dengan ketuntasan belajar klasikal berturut-turut 57,58%, 72,73% dan 84,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran Kimia Sekolah II di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNIB.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 21 Mar 2013 10:36
Last Modified: 21 Mar 2013 10:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item