PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PREVENTIF MELALUI OOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PKN SISWA KELAS VA SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU

Henwenson, Henwenson and Osa, Juarsa and Sri , Ken Kustianti (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PREVENTIF MELALUI OOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PKN SISWA KELAS VA SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-hen.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-hen.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran remedial preventif melalui kooperatif tipe STAD (Students Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 59 Kota Bengkulu. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas VA SD Negeri 59. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian.Hasil yang dicapai pada penelitian ini, Siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 34,5 (C), observasi aktivitas siswa 35,5 (C) dan siklus II rata-rata observasi aktivitas guru 43,5 (B), observasi aktivitas siswa 45 (B). Rata-rata kognitif LDS siklus I 71,02 dan tes 68,98 dengan ketuntasan belajar LDS 70,37% dan tes 74,07%. Siklus II rata-rata LDS 80,55 dan tes 78,15 dengan ketuntasan belajar LDS 100% dan tes 92,59%. Persentase aspek afektif menerima siklus I 46,29%, siklus II 57,4%. Aspek menghayati siklus I 46,29%, siklus II 53.7%. aspek mengelola siklus I 42,59%, siklus II 49,99%. Aspek menilai siklus I 44,44%, siklus II 49,99%. Aspek menanggapi siklus I 38,88%, siklus II 55,55%.Persentase aspek psikomotor artikulasi siklus I 51,85%, siklus II 55,55%. Aspek memanipulasi siklus I 51,85%, siklus II 64,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran remedial preventif melalui kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran PKn siswa kelas VA SD Negeri 59 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:52
Last Modified: 18 Dec 2013 12:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4893

Actions (login required)

View Item View Item