STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLAME BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 65 KOTA BENGKULU

Heri., Santoso and Wurjinem, Wurjinem and Ansyori , Gunawan (2013) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLAME BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-her.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-her.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran RME dengan model pembelajaran PBL pada kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu, yang terdiri dari 2 ruangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar = 85,79, sedangkan pada kelas eksperimen 2 = 78,03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t dari data hasil belajar kedua kelas sampel. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 4,563 ≥ ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran RME dan model pembelajaran PBL pada kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:00
Last Modified: 18 Dec 2013 13:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item