UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SD N 25 SELUMA

Amin, Khairul and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SD N 25 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-kha.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (437kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-kha.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 25 Seluma dengan menerapkan media konkret. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahap perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi guru dan observasi siswa. Tehnik analisis data tes menggunakan Rumus NR = ∑X dimana NR = Nilai Ratarata, ∑X = Jumlah nilai dan N = Jumlah Siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas guru 29,5 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus dengan perolehan rat-rata skor 36,5 dengan kategori baik. Dari data observasi kegiatan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata skor 34 dengan kategori baik. Hasil nilai tes pada siklus I 70,65 dengan prosentase ketuntasan 78,65%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,04 dengan Prosentase ketuntasan mencapai 93,10 %. Dengan demikian berarti penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 25 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:05
Last Modified: 18 Dec 2013 13:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4898

Actions (login required)

View Item View Item