PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU

Rahayu, Magdalena and Ismail, Ismail and Karjiati, Karjiati (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mag.fi.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (942kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mag.fi.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun Kota Bengkulu dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai presentase ketuntasan belajar siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam dua siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 26,5 dengan keriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 4,56 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 25,5 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh ratarata skor menjadi 35 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata kelas 68,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 75% dan meningkat pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas 78,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil dan hasil belajar siswa kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:00
Last Modified: 18 Dec 2013 14:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item