Betti RahmaYulia, Pratiwi, and Sri, Dadli and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V RSBI II SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Betti Rahmayulia Pratiwi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS di kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu dengan menerapkan Model Problem Based Instruction (PBI) Melalui Media Google Earth; (2) Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Problem Based Instruction (PBI) Melalui Media Google Earth pada mata pelajaran IPS di kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu; (3) Meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, disetiap siklus terdiri dari dua kali petemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu yang terdiri dari 25 orang siswa pada tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) Kualitas proses; a) Observasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata skor 32,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 38,5 dengan kategori baik; b) Aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata skor 33 kategori cukup dan meningkat pada siklus II meningkat menjadi 36,75 dengan kategori baik. (2) Hasil belajar; a) Kognitif (1) Hasil analisis LDS pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 6,95 meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan nilai rata-rata 8,25; (2) Hasil analisis tes/evaluasi siklus I sebesar 52% dengan nilai rata-rata 7,06 meningkat pada siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 8,19; b) Penilaian afektif pada siklus I dengan nilai rata-rata 10,24 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 12,82 kategori baik; c) Penilaian psikomotor pada siklus I dengan nilai rata-rata 5,62 kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 8,04 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) Melalui Media Google Earth dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:08 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4909 |
Actions (login required)
View Item |