Malin, Malin and Darmi, Darmi and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SUMBERDAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN 78 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mal.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (525kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mal.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Sain Teknologi Masyarakat pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 78 Seluma. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, Reflesksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dan guru SDN 78 Seluma 2012/2013 dengan jumlah 19 orang siswa yangb terdiri dari 10 laki-laki dan 9 orang perempuan. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, dan Lembar Tes. Analisis data observasi menggunakan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah dan kisaran nilai tiap kriteria, sedangkan data nilai akhir siswa menggunakan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I rata-rata skor observasi guru 24,75 dengan kriteria cukup, rata-rata skor observasi siswa 24,75 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan belajar menjadi 47,36%. Pada siklus II diperoleh rata-rata skor observasi guru 28 dengan kriteria baik, rta-rat skor observasi siswa 29 deng kriteria baik dan persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 84,21%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Sain Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas V SDN 78 Seluma.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:07 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
View Item |