PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 KABUPATEN SELUMA

Zuhardi, Marasin and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dan guru pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 27 Kabupaten Seluma dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 27 Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu 27 orang siswa. Hasil penelitian ini pada siklus I rata-rata hasil tes/evaluasi siswa secara keseluruhan dari pertemuan pertama dan kedua tidak ada siswa yang masuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II rata-rata hasil tes/evaluasi siswa secara keseluruhan dari pertemuan pertama dan kedua siswa sudah masuk dalam kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dan guru pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 27 Kabupaten Seluma, dibuktikan pada siklus I hanya satu orang siswa yang termasuk kedalam kategori baik (rentang nilai 30-38) dan rata-rata penilaian terhadap guru masih termasuk kategori cukup baik (rentang nilai 21-29) pada pertemuan kedua kemudian terjadi peningkatan pada pertemuan kedua di siklus II terdapat 27 orang yang termasuk kategori sangat baik (rentang nilai 39-48) dan rata-rata penilaian terhadap guru sudah termasuk kategori sangat baik (rentang nilai 39-48). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 27 Kabupaten Seluma, dibuktikan oleh Pada siklus I hasil rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 66,6 di pertemuan kedua kemudian terjadi peningkatan pada siklus kedua dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86,5.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:14
Last Modified: 18 Dec 2013 14:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item