PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBANTU CD TUTORIAL PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

Sutarno, Sutarno (2012) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBANTU CD TUTORIAL PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD. EXACTA, 10 (1). pp. 45-52. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
06. Isi vol x 2012 - Sutarno 045-052.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian action research ini dilakukan pada mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di Kota Bengkulu Tahun Akademik 2011/2012 dengan tujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar I melalui pengembangan pembelajaran berbantu CD Tutorial Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan menggunakaan tes dan lembar observasi. Aktifitas mahasiswa pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut berada pada kategori cukup (skor 30), baik (skor 38) dan baik (skor 42). Hasil belajar mahasiswa pada setiap siklus memperlihatkan nilai rata-rata kelas, daya serap, dan ketuntasan belajar secara berturut turut adalah: siklus I sebesar 70,5; 70,5% dan 77,5%; siklus II sebesar 72,8; 72,8% dan 87,5%; dan siklus III sebesar 75,6; 75,6%, dan 95,0%. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbantu CD Tutorial Menggunakan Model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar I.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 21 Mar 2013 10:55
Last Modified: 21 Mar 2013 10:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item