STUDI PERBANDINGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU

Parwanti, , Dwi and Endang , Widi Winarni and Anni , Suprapti (2012) STUDI PERBANDINGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
DWI PARWANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) perbedaan pretasi belajar Matematika antara kelompok pendekatan pembelajaran inkuiri dan ekspositori; 2) perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok tingkat kecerdasan tinggi, sedang, dan tingkat kecerdasan rendah; dan 3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kecerdasan terhadap hasil belajar Matematika. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri dan pada kelompok kontrol dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Sampel ditetapkan dengan random sampling, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Hasil penghitungan diperoleh: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok pendekatan inkuiri dan ekspositori (F = 12,968) dan (sig. = 0,025), dari skor rata-rata kelompok pendekatan inkuiri (9,31) lebih tinggi dari ekspositori (8,52); 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok tingkat kecerdasan tinggi, sendang, dan rendah (F = 1,286) dan (sig. = 0,428) dengan skor rata-rata kelompok tingkat kecerdasan tinggi (10,67), tingkat kecerdasan sedang (8,86), dan tingkat kecerdasan rendah (8,27); dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kecerdasan terhadap hasil belajar (p>0,05) diperoleh F = 0,723 dan sig. = 0,490. Hasil penelitian ini memberi kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika dibandingkan dengan tingkat kecerdasan siswa. Pendekatan inkuiri sangat efektif diterapkan pada pembelajaran SAINS. Saran yang diberikan supaya dilaksanakan pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri pada materi perpangkatan dua, akar kuadrat, dan waktu di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:55
Last Modified: 18 Dec 2013 14:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item View Item