PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (IPA KELAS IV SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU)

Maryani. , Eci and Dalifa, Dalifa and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (IPA KELAS IV SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Eci Maryani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 60 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan model TGT melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 38 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 43,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 36 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 42,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 43,75% dengan nilai rata-rata 74,29 pada siklus II meningkat menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,28. Untuk pengamatan afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 30 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 16 siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak 31 siswa untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil siswa (IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:01
Last Modified: 18 Dec 2013 15:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4924

Actions (login required)

View Item View Item