PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VA SDN 81 KOTA BENGKULU)

Efandri, Efandri and Sri , Irawati and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VA SDN 81 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Efandri.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses, hasil pembelajran IPA dan pengembangan karakter siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 81 Kota Bengkulu dengan cara penerapan pendekatan lingkungan melalui model pembelajaran cooperative tipe GI. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi guru sebesar 29,5 dengan kategori cukup dan nilai lembar observasi siswa sebesar 28,5, dengan kategori cukup, sedangkan dari 33 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 66,66%, mendapat nilai rata-rata sebesar 67,69, (2) pada siklus II diperoleh nilai lembar observasi guru sebesar 38 dengan kategori baik dan nilai lembar observasi siswa sebesar 37 dengan kategori baik, sedangkan dari 33 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93% dengan nilai rata-rata 75,06. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe GI dapat Meningkatkan Proses, Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter Siswa Kelas VA SDN 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:18
Last Modified: 18 Dec 2013 15:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item