PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKn DAN MENANAMKAN NILAI-NILAI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY KELAS IVA SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Haryani, Neli and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKn DAN MENANAMKAN NILAI-NILAI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY KELAS IVA SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-nel.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (637kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-nel.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran PKn dan menanamkan nilai-nilai untuk membentuk karakter siswa melalui metode Course Review Horay kelas IVA SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran PKn dan 15 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar pengamatan nilai-nilai karakter. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar pengamatan nilai-nilai karakter dan lembar penilaian evaluasi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-rata observasi guru yaitu 28,5. dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 28 dengan kategori cukup, dan hasil evaluasi belajar siswa rata-rata 75,3 dengan ketuntasan klasikal 80%, sedangkan pengamatan nilai-nilai karakter dengan kriteria baik 0%, kriteria cukup 40% dan kriteria kurang 60%. Pada siklus II nilai rata-rata observasi guru yaitu 36 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 34,5 dan hasil evaluasi belajar siswa rata-rata 86 dengan ketuntasan klasikal 100%,sedangkan penilaian pengamtan karakter dengan kriteria baik 66,6%, kriteria cukup 33,3% dan kiteria kurang tidak ada. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran PKn dan menanamkan nilai-nilai untuk membentuk karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:21
Last Modified: 18 Dec 2013 15:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item