PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD AL MANAR KOTA BENGKULU

Febrianti, Novi. and Endang , Widi Winarni and Sri , Ken Kustianti (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD AL MANAR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-nov.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-nov.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD Al Manar Kota Bengkulu melalui model Problem Based Learning melalui Group Investigation. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas V SD AL Manar Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri atas lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil observasi guru pada siklus I diperoleh skor 31,5 dengan kriteria “baik” dan masih ada beberapa aspek yang masih dalam kategori “cukup”, meningkat pada siklus II dengan skor 37,25 dengan kriteria “baik” dan seluruh aspek dalam kategori “baik”. Hasil observasi siswa siklus I diperoleh skor 32,5 dengan kriteria “baik”.meningkat pada siklus II dengan skor 375 dengan kriteria “baik”. Nilai LKS siklus I 70 ketuntasan belajar 66,66%, meningkat pada siklus II 84,16 ketuntasan belajar 100%. Nilai tes siklus I di peroleh skor 71,33 ketuntasan belajar 46,67%, meningkat pada siklus II 79,17 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Untuk pengamatan setiap aspek afektif pada siklus I persentase siswa yang mencapai kategori baik meningkat di siklus II. Begitu juga dengan aspek psikomotor persentase jumlah siswa yang mencapai kategori baik juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pembelajara IPA dengan menggunakan Model Problem Based Learning melalui Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Al Manar Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:32
Last Modified: 18 Dec 2013 15:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item