PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING MELALUI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU

Devita, , Enda. and Daimun , Hambali and Sri , Dadi (2012) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING MELALUI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Enda Devita.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu: apakah kualitas proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dapat meningkat dengan penerapan model Quantum Teaching melalui Metode Role Playing di kelas V SDN 42 Kota Bengkulu?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 42 Kota Bengkulu dengan penerapkan model Quantum Teaching melalui metode Role Playing. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Meningkatnya aktivitas pembelajaran: (a) observasi guru siklus I diperoleh nilai sebesar 42 dengan kriteria “cukup”, pada siklus II observasi guru meningkat menjadi 54 dengan kriteria “baik”. (b) observasi siswa siklus I diperoleh nilai sebesar 44 dengan kriteria “cukup”, pada siklus II observasi siswa meningkat menjadi 53 dengan kriteria “baik”. (2) Meningkatnya hasil belajar siswa: (a) Kognitif, nilai LDS pada siklus I ada 2 kelompok dari 4 kelompok yang mendapatkan nilai ≥ 70 , rata-rata sebesar 69,71 dengan ketuntasan belajar sebesar 50% dan meningkat pada siklus II seluruh kelompok mendapatkan nilai ≥ 70, rata-rata 79,85 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Nilai evaluasi ini ditunjukan dari siklus I nilai rata-rata kelas 67,9 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 48,57%. Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,14 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71%. (b) afektif, nilai rata-rata skor afektif siswa pada siklus I sebesar 10,2 dengan kriteria “cukup”, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 12,2 dengan kategori “baik”. Jumlah siswa yang memperoleh nilai “baik” pada ranah afektif siklus I berjumlah 4 orang dan mengalami peningkatan menjadi 26 orang siswa pada siklus II. (c) psikomotor, nila rata-rata skor psikomotor siswa pada siklus I sebesar 8,3 dengan kategori “cukup” dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 11,22 dengan kategori “baik”. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai “baik” pada ranah psikomotor pada siklus I berjumlah 8 orang siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Quantum Teaching melalui Metode Role Playing pada Mata Pelajaran IPS dapat Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa di Kelas V SD Negeri 42 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:34
Last Modified: 18 Dec 2013 15:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item