PENERAPAN KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN KELAS VA SDN 61 KOTA BENGKULU

Putro. Purwono, , Enggal and Sri , Ken Kustianti and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN KELAS VA SDN 61 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Enggal Putro Purwono.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn dengan menerapkan kolaborasi model problem based learning dengan metode role playing dengan langkah-klangkah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru sebesar 41 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 52,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa sebesar 38,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 48,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 63,3% dengan nilai rata-rata 7,29 pada siklus II meningkat menjadi 86,6% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,12. Untuk pengamatan afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 24 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan meningkat sebanyak 24 siswa pada siklus II untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model problem based learning dengan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar PKn khususnya siswa kelas VA SD Negeri 61 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:40
Last Modified: 18 Dec 2013 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item