PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 SELUMA

Pihandi, Pihandi and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-pih.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (411kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-pih.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal pada matapelajaran IPS dengan menerapkan Metode Pembelajaran kooperatif learning tipe GI (Group Investigation)di kelas IV SD Negeri 05 Seluma Kabupaten Seluma.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas IV SD Negeri 05 Seluma Kabupaten Seluma yangberjumlah 17 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, danlembar tes.Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentaseketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria.Hasilyang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperolehrata-rata skor 37 dengan kriteria Cukup dan pada siklus II rata-rata skor aktivitasguru meningkat menjadi 43 dengan kriteria baik.Untuk aktivitas siswa padasiklus I diperoleh skor 33 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rataskor aktivitas siswa meningkat menjadi 43 dengan katagori baik. Kemudian untuk hasil data tessiklus I mendapat nilai rata-rata 6,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 68,42% danuntuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,07 dengan ketuntasan belajar klasikal89,47%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwamelalui metode pembelajaran kooperatif learning tipe GI (Group Investigation)dapatmeningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS khususnya di kelas IV SD Negeri 05Seluma Kabupaten Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:50
Last Modified: 18 Dec 2013 15:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item