PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (PTK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU)

Gunawan. , Fitri. and Nani , Yuliantini and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (PTK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Fitri Gunawan.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses dan hasil serta pengembangkan karakter pada pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 81 Kota Bengkulu melalui penerapan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan lingkungan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 30,25 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 30,75, dengan kategori cukup, sedangkan hasil tes siswa dari 33 siswa mendapat nilai rata-rata 65,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33%, (2) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 40 dengan kategori baik dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 40,25 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes dari 33 orang siswa mendapat nilai rata-rata 76,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:02
Last Modified: 18 Dec 2013 16:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item