UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS III B SDN 27 KOTA BENGKULU

Dwi Jayanti, Heuni Heuriska and Herman , Lusa and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS III B SDN 27 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HEUNI HDY..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas III B SD Negeri 27 Kota Bengkulu dengan menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR”. Model Quantum Teaching “TANDUR” meningkatkan Aktivitas yaitu dapat memberikan perubahan suasana belajar siswa dan dapat menumbuhkan semangat, minat, motivasi serta kreativitas berpikir siswa dalam suasana gembira dan menyenangkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 59,5 nilai rata-rata 29,75 dengan kriteria “cukup”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II di peroleh skor 77,5 nilai rata-rata 38,75 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 57 nilai rata-rata 28,5 dengan kriteria “cukup”. Nilai observasi siswa meningkat pada siklus II 79,5 nilai rata-rata 39,75 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai LDS siklus I IPS 68,33 ketuntasan belajar 64,28%, Matematika 61,66 ketuntasan belajar 32,14%, IPA 69,16 ketuntasan belajar 67,85%, Bahasa Indonesia 63,33 ketuntasan belajar 46,42% dan PKn 77,5 ketuntasan belajar 100%. Nilai LDS meningkat pada siklus II meningkat, Matematika 95 ketuntasan belajar 100%, PKn 89,16 ketuntasan belajar 100%, IPS 90,83 ketuntasan belajar 100%, IPA 91,6 ketuntasan belajar 100%. Bahasa Indonesia 83,33 ketuntasan belajar 100% (4) Nilai tes siklus I SBK 6,42 ketuntasan belajar 42,85%, IPS 66,25 ketuntasan belajar 35,71%, Matematika 93,75 ketuntasan belajar 78,57%, IPA 62,67 ketuntasan belajar 32,14%, Bahasa Indonesia 95,41 ketuntasan belajar 78,57% dan PKn 66,69 ketuntasan belajar 42,85%. Nilai kognitif meningkat pada siklus II Bahasa Indonesia 98,26 ketuntasan belajar 100%, Matematika 97,30 ketuntasan belajar 96,15%, PKn 82,69 ketuntasan belajar 88,46%, IPS 86,15 ketuntasan belajar 100%, IPA 78,07 ketuntasan belajar 92,30% dan SBK 73,84 ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Model Quantum Teaching “TANDUR” Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN 27 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” dalam pembelajaran tematik khususnya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:10
Last Modified: 18 Dec 2013 16:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item