PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 86 KOTA BENGKULU

Febrianti , Israini. and Sri , Dadi and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 86 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Israini Febrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 86 Kota Bengkulu dengan menggunakan Model kooperatif tipe STAD “peta konsep” meningkatkan kualitas proses yaitu dapat memberikan perubahan suasana belajar siswa dan dapat menumbuhkan semangat, minat, motivasi serta kreativitas berpikir siswa dalam suasana gembira dan menyenangkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 61.5 nilai rata-rata 30.75 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II di peroleh skor 68,5 nilai rata-rata 34.25 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 63,5 nilai rata-rata 31,75 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi siswa meningkat pada siklus II 68,5 nilai rata-rata 34.25 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai LDS siklus I 7.09 ketuntasan belajar 70,58%. Nilai LDS meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar 100%. (4) Nilai tes siklus I di peroleh skor 6,87 ketuntasan belajar 64,70%. Nilai tes siswa meningkat pada siklus II 7.44 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52%. (5) Nilai afektif siklus I ketuntasan belajar 26,47%.Nilai afektif meningkat pada siklus II ketuntasan belajar 85,29%. (6) Nilai psikomotor siklus I ketuntasan belajar 64,70%. Nilai psikomotor meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar 91,17%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media peta konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 86 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media peta konsep” dalam pembelajaran IPS khusus nya kelas rendah IV.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:21
Last Modified: 18 Dec 2013 16:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item