PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN DAN TANPA PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Wiwit, Wiwit and Hermansyah, Amir and Dody Dori, Putra (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN DAN TANPA PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. EXACTA, 10 (1). pp. 71-78. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
09. Isi vol x 2012 - Wiwit 071-078.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar kimia siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan penggunaan animasi dengan kelas yang hanya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa penggunaan media animasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2010-2011 dengan pokok bahasan konsep Redoks. Melalui serangkaian uji statistik terhadap data ∆ (selisih nilai tes akhir dengan tes awal) diperoleh suatu pembuktian hipotesis dengan uji-t. Uji-t ke dua kelas sampel dengan α = 0.01 diperoleh pada pertemuan 1, nilai thitung =3,858 sedangkan t =2,382 berarti t hitung >t tabel sehingga Ha diterima, sementara untuk pertemuan 2, nilai t tabel(0.99)(62) =3,672 sedangkan t tabel(0.99)(62)=2,315 berarti t hitung >t tabel sehingga Ha hitung diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 21 Mar 2013 23:04
Last Modified: 21 Mar 2013 23:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item