PENGGUNAAN MEDIA AUDIO MELALUI PERANGKAT ADOBE AUDITION (AA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU

Ramadhani, , Jaya and Daimun , Hambali and Sri , Ken Kustianti (2012) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO MELALUI PERANGKAT ADOBE AUDITION (AA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Jaya Ramadhani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan mengembangkan karakter siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu dengan menggunakan media audio melalui perangkat AA. Penelitian yang dilakukan adalah Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pada siklus I rata-rata nilai pengamatan guru 30,5 termasuk kategori “Cukup”, sedangkan rata-rata nilai pengamatan siswa 30,5 termasuk kategori “Cukup” dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45,23% dengan nilai rata-rata 71,90. Pada siklus II rata-rata nilai pengamatan guru 35,5 termasuk kategori “Baik”, sedangkan rata-rata nilai pengamatan siswa 37 termasuk dalam kategori “Baik” dan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 79,52. Nilai karakter siswa yang mencapai kriteria “Membudaya secara konsisten” meningkat pada pada siklus berikutnya, sikap dengan peningkatan tertinggi adalah “kreatif” dengan peningkatan sebesar 22,61%, dan peningkatan terendah adalah “kritis”, dengan persentase masing-masing sebesar 11,91%. Psikomotor siswa yang mencapai kategori “Sangat Terampil” meningkat pada siklus berikutnya, keterampilan yang mengalami peningkatan tertinggi “mempertajam” dengan persentase peningkatan sebesar 25%. Keterampilan psikomotor dengan persentase peningkatan paling rendah adalah “mengidentifikasi dan mengoperasikan” dengan persentase sebesar 21,43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Menggunakan media audio melalui perangkat AA dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan mengembangkan karakter siswa di kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:32
Last Modified: 18 Dec 2013 16:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item View Item