FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VA SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Kusmirawati, Kusmirawati and Lukman, Lukman and Wurjinem, Wurjinem (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VA SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Kusmirawati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VA SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas Va SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif- kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VA ini yaitu, guru mengajar tidak sesuai dengan prosedur yang ada di RPP. Seperti pada kegiatan awal, guru tidak melakukan apersepi dan tidak memyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode yang digunakan guru dalam mengajar belum bervariasi, begitu juga dengan pendekatan pembelajaran, masi sangat tradisional. Guru juga tidak menggunakan media pada saat melakukan pembelajaran, serta sumber pembelajaran tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Guru juga jarang memberikan evaluasi pembelajaran, serta tindak lanjut tidak pernah guru berikan kepada siswa. Sikap siswa dalam menerima pembelajaran ada yang aktif, ada yang mengobrol, ada yang gelisah bahkan ada yang termenung. Saran dari peneliti, untuk membangun adanya interaksi yang efektif dalam proses pembelajaran, guru perlu memperhatikan komponen pembelajaran sebelum mengajar. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar pembelajaran yang disampaikan guru dapat teratur, terarah bahkan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:48
Last Modified: 18 Dec 2013 16:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item