PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS X 2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Pratama, Albert and Padi, Utomo and Amrizal, Amrizal (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS X 2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ALBERT PRATAMA -2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu melalui teknik skipping ayunan visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur penelitian tindakan kelas model Arikunto, yaitu dengan dilakukannya beberapa langkah penelitian yang meliputi (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil penelitian tindakan siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan (1) mengumpulkan data, (2) reduksi data, (3) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa teknik skipping ayunan visual dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa kelas X 2 SMAN 8 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih antusias dan hasilnya pun sangat menggembirakan jika dibandingkan dengan kemampuan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa pada awalnya. Hasil tes pada siklus I kecepatan membaca siswa (KEM) 26 siswa atau 65% dari 40 siswa yang kecepatan membaca di atas 250, pada siklus II kecepatan membaca siswa (KEM) sebesar 77,5% atau 31 siswa yang kecepatan membacanya di atas 250 kpm nilai rata-rata 73,04. Dan memahami ide pokok teks bacaan pada siklus I, yaitu 70%, pada siklus II menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 23:38
Last Modified: 18 Dec 2013 23:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item