Hamdani, Dedy and Eva, Kurniati and Indra, Sakti (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. EXACTA, 10 (1). pp. 79-88. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
10. Isi vol x 2012 - Dedy Hamdani 079-088.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep siswa yang menggunakan alat peraga sederhana siswa SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Dengan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda beralasan (multiple choice tests with written justification). Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan ANAVA. Hasil analisis diperoleh, nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 79,77 dan kelas kontrol adalah 71,39. Uji-t kedua kelas sampel untuk posttest dengan α = 0,05 diperoleh t = 6,429 sedangkan nilai t tabel adalah 1,997. Karena t hitung > t tabel hitung maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep siswa SMP Negeri 7 kota Bengkulu, dan besar pengaruhnya adalah 35,51%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 23:09 |
Last Modified: | 21 Mar 2013 23:09 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
View Item |