PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU

Herdianti, Meri and Padi, Utomo and Catur, Wulandari (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
MERI HERDIANTI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VI B SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VI B di SD negeri 67 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, rekaman, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan: pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia kelas VI B SD Negeri 67 Kota Bengkulu guru belum mempersiapkan perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan maksimal. Pengorganisasian pemilihan materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber pembelajaran, media pembelajaran belum dipersiapkan guru dengan lengkap. Pada pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan prosedur, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan cara memberi tugas dan latihan kepada siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran namun belum dilaksanakan secara maksimal. Penulis memberikan beberapa saran: (1) Bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru akan membantu meningkatkan hasil pembelajaran (2) Dengan kurangnya sarana dan prasarana yang ada guru dapat memanfaatkan lingungan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 23:59
Last Modified: 18 Dec 2013 23:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item