Arimurti, Lisa and Rufran, Zulkarnain and Suardi, Jasma (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN DI BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) PROVINSI BENGKULU PADA TAHUN 2011. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Lisa Arimurti-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Secara umum tujuan penelitian ini adalah Mengetahui implementasi (penerapan) program pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Provinsi Bengkulu pada tahun 2011. Sedangakan secara khusus tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah telah ada penetapan pelaksanaan tujuan pelatihan proses rekrutmen peserta pelatihan, mengetahui apakah instruktur pelatihan yang memberikan materi sudah sesuai dengan kompetensinya, dan mengetahui apakah materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan, untuk mengetahui kendala dan solusi dari pelaksanaan program pelatihan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, untuk menentukan validitas data peneliti menggunakan metode triangulasi subjek penelitian ini adalah tim tenaga teknis pelatihan sebanyak 3 (tiga) orang, yaitu kordinartor, ketua dan sekretaris, (Drs. Deni Dalyuzar, M.Pd, Nyimas masrita, M.Pd, dan Kasidi, S.IP). Dari hasil penelitian yang dilakukan dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa di BPKB Provinsi Bengkulu pada tahun 2011 menyelenggarakan 3 program pelatihan yaitu Program Pelatihan Tutor Keaksaraan, Program Pelatihan Pengelola TBM dan Program Pelatihan Instruktur Kursus. Dalam menetapkan program pelatihan pihak BPKB terlebih dahulu menganalisis kebutuhan pelatihan. Selanjutnya pihak BPKB Provinsi Bengkulu menetapkan rencana program pelatihan yang meliputi : 1. Telah ada penetapan tujuan pelatihan pada program pelatihan di BPKB Provinsi Bengkulu tahun 2011. 2. Proses rekrutmen peserta pelatihan, dimana pihak BPKB memberikan undangan kepada pihak/instansi pemerintahan (Diknas Kab/Kota, SKB Kab/Kota) atau swasta (Kelompok atau lembaga binaan seperti Forum Keaksaraan, PKBM, PAUDNI, TBM, Lembaga Kursus, dan lain-lain) yang terkait dengan keberadan tenaga pendidik dan kependidikan. 3. Pada program pelatihan yang diselenggarakan oleh BPKB Provinsi Bengkulu tahun 2011, Instruktur pelatihan yang memberikan materi pelatihan sudah sesuai dengan kompetensinya. 4. Pada program pelatihan yang diselenggarakan oleh BPKB Provinsi Bengkulu tahun 2011, materi yang diberikan kepada peserta pelatihan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan. 5. Kendala yang dihadapi dan solusi yang diberikan pada program pelatihan yang diselenggarakan oleh BPKB Provinsi Bengkulu pada tahun 2011 adalah Kendala yang dihadapi : vi a. Peserta yang belum sepenuhnya melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan. b. Permasalahan instruktur yang sering datang terlambat/tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Adapun solusi : a. Para peserta diperbolehkan mengikuti pelatihan dengan syarat mereka harus melengkapi persyaratan yang belum lengkap setelah mengikuti pelatihan. b. Untuk instruktur pelatihan pihak panitia memberikan solusi dengan mengganti pemateri pelatihan yang belum datang dengan pemateri yang sudah ada dan siap memberikan materi, atau untuk masalah waktu diatasi dengan memberikan undangan dengan waktu dipercepat, misalnya pelatihan dimulai jam 8 pagi maka pada undangan waktunya ditulis jam 7.30.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4997 |
Actions (login required)
View Item |