MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 06 KOTA BENGKULU

Apriadi, Apriadi and Lukman, Lukman and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Apriadi-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan montivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 06 Kota Bengkulu melalui penerapan model Problem Based Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012 pada pembelajaran PKn yang berjumlah 29 orang siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif ,psikomotor, dan lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik analisis data obsevasi guru dan siswa. Dari hasil analisis data observasi guru dan siswa menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 35,75 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35,5 dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 38 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 38,75 dengan kriteria baik. Data hasil belajar dianalisis dengan dari hasil tes siswa dengan menggunakan teknik analisis data tes. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 51,72%, dengan nilai rata-rata 67,06. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,20% dengan nilai rata-rata 78,20. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 06 kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:56
Last Modified: 19 Dec 2013 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item