PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IVA SDN 88 KOTA BENGKULU

Selviana, , Anita and Endang , Widi Winarni and Dalifa, Dalifa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IVA SDN 88 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ANITA SELVIANA--0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN 88 Kota Bengkulu dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe NHT Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 88 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar observasi kerjasama siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 43,25 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 48 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 44,75 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor menjadi 47,5 dengan kriteria baik . Kerjasama siswa pada siklus I dengan rata-rata 6,51 meningkat pada siklus II menjadi 7,65%. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 70,97 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 61,53%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80,76 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,61%. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh skor 9,30 dan pada siklus II diperoleh skor 10,19. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 6,2 dan pada siklus II diperoleh skor 7,07. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model Cooperative Tipe NHT Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:07
Last Modified: 19 Dec 2013 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item