PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 BENGKULU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Rifaldi, Andri and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 BENGKULU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ANDRI RIFALDI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan dengan menggunakan metode peta konsep. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan pada semester I tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Observasi dan tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang di peroleh dari penelitian yaitu : (1) siklus I dengan akhir aktivitas guru yaitu 17,5 dengan kategori cukup, nilai akhir aktivitas siswa 17 dengan kategori cukup, setelah diberi tindakan di siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu 67,25 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%. (2) siklus II dengan akhir aktivitas guru yaitu 23 dengan kategori baik, nilai akhir aktivitas siswa 23 dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu 73,87 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Deskripsi pada siswa kelas VI SD Negeri 25 Bengkulu Selatan Tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:21
Last Modified: 19 Dec 2013 09:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item