PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 50 SELUMA

Rusmiyati, Rusmiyati and Hasnawati, Hasnawati and Daimun , Hambali (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 50 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-rus.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (447kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-rus.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa setelah menerapkan metode eksperimen dengan diskusi kelompok di kelas V SD Negeri 50 Seluma.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 50 Seluma tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kreteria skor. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 70 % nilai ratarata siswa 6,70, rata-rata skor observasi guru 33,5 termasuk kreteria baik dan rata-rata skor observasi siswa 34 dengan kreteria baik. Pada siklus II persentasi ketuntasan belajar siswa 87,3 % dengan nilai rata-rata skor observasi siswa 44 termasuk kreteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan prestasi pada pembelajaran IPA siswa SD Negeri 50 Seluma kelas V. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diberikan saran agar semua guru berusaha mencoba menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA dan sebelum proses pembelajaran hendaknya guru menjelaskan tata cara pelaksanaan diskusi ini dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 11:59
Last Modified: 19 Dec 2013 11:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item