PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B SDN 15 KOTA BENGKULU

Anggreini, Shella Octavia and Endang , Widi Winarni and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B SDN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-she.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-she.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V B SDN 15 Kota Bengkulu dengan menerapkan Cooperatife Tipe Team Games Tournament (TGT) Melalui Metode Eksperimen. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN 15 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, siswa, pengamatan afektif dan psikomotor dan lembar tes. Dari analisis data menunjukkan bahwa siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 51,25 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 58,25 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 49 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 55,75 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60,71% pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Untuk pengamatan afektif pada siklus I meningkat di siklus II yaitu, terutama pada aspek menerima mengalami peningkatan dari 48,21% pada siklus I menjadi 71,42% pada siklus II. Untuk pengamatan psikomotor pada siklus I meningkat di siklus II yaitu, terutama pada aspek sikap pengalamiahan dari 41,07% meningkat menjadi 58,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperatife Learning Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Melalui Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas V B SD Negeri 15 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:10
Last Modified: 19 Dec 2013 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item