PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 60 KOTA BENGKULU

Sulastri, Sulastri and Hambali, Hambali and Ansyori , Gunawan (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 60 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (717kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis kalimat pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 60 Kota Bengkulu. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IVa SDN 60 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan dua kali pertemuan masing-masing siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai pada penelitian ini,Siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 35,5 dengan kriteria baik,observasi aktivitas siswa 29 dengan kriteria baik dan siklus II rata-rata observasi aktivitas guru 37 dengan kriteria baik, observasi aktivitas siswa 29 dengan kriteria baik. Rata-rata hasil kognitif siswa yaitu 55,1 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 16,66% dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan ratarata hasil kognitif siswa yaitu 87,2 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 76,6%. Penelitian ini sudah dikatakan berhasil dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar yang dialami siswa pada siklus pertama yaitu 16,66% meningkat pada siklus kedua yaitu menjadi 78,6%. Peningkatan pada penelitian ini juga terlihat pada aktivitas guru pada siklus pertama yaitu dengan rata-rata skor 35,5 mengalami peningkatan pada siklus kedua dengan rata-rata skor 37 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus pertama dengan rata-rata skor 29 tetap 29 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Kontruktivisme melalui Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 60 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 13:14
Last Modified: 19 Dec 2013 13:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item